Langsung ke konten utama

KALAHKAN KANKER SECARA LEBIH EFEKTIF DENGAN IMUNOTERAPI

sumber: www.kalahkankanker.com

Manusia memiliki sistem imun yang merupakan mesin penghancur yang akurat untuk membasmi apapun yang tidak semestinya ada dalam tubuh, termasuk termasuk bakteri, virus, bakteri hingga sel tubuh yang sudah bermutasi, dengan cara mengenali macam-macam perubahan kecil yang bisa membuat sel normal menjadi sel “asing”. Dalam keadaan normal, sistem imun akan mengeliminasi sel asing atau abnormal dengan mengerahkan sel T untuk mencari dan menghancurkan potensi ancaman. Sel T memiliki 3 cara kerja, yaitu: 
  • MENCARI: Sel T mencari semua hal yang berbahaya bagi tubuh
  • MEMINDAI: Sel T memindai sel-sel untuk membedakan antara sel yang normal dan abnormal atau ‘asing’
  • MENYINGKIRKAN: Ketika terdeteksi, sel abnormal diserang dan disingkirkan oleh sel T
Sistem ini memang rumit, namun dari hasil trial-and-error sepanjang sejarah genetika, sistem ini memiliki tingkat keberhasilan 99,9999%. Terjadinya kanker terdapat pada 0,0001% dari resiko kegagalan tersebut. Kanker adalah salah satu sel yang bermutasi menjadi berbahaya yang gagal dikenali dan dibunuh oleh sistem imun. Sel asing yang telah bermutasi ini bisa menghindari respons sistem imun sehingga sel tersebut bisa berkembang menjadi tumor yang berbahaya. Kanker memakai semacam kamuflase untuk mengelabuhi sistem imun sehingga terlihat seperti sel normal. Sebagian sel kanker menghasilkan protein yang disebut “checkpoint” pada permukaan sel yang membuat sel T tidak dapat mengenali dan melawan sel kanker.
sumber: www.roche.co.id

Penghambat sel T untuk menghancurkan kanker adalah protein PD-L1 yang berinteraksi dengan PD-1 dan B7.1, dimana keduanya terdapat pada permukaan sel T. PD-L1bekerja seperti rem yang menghambat proses pembentukan dan aktivasi pasukan sel T di kelenjar getah bening dan menghalangi proses penghancuran sel kanker oleh sel T di dalam tumor, sehingga sel T tidak bisa bekerja secara efektif. Oleh sebab itu, memblokir PD-L1 adalah salah satu cara mencegah kanker menonaktifkan sel T dalam tumor microenvironment - tempat dimana sel kanker tumbuh dan berinteraksi dengan sel-sel lainnya.
Imunoterapi merupakan pengobatan kanker yang mengembalikan fungsi sistem imun untuk menghancurkan kamuflase sel kanker dengan cara memblokir ikatan PD-L1 dengan protein lain sehingga sel T dapat mengenali, menargetkan dan membasmi sel-sel kanker sebelum sel-sel itu menghancurkan kita. Respons sistem imun terhadap kanker yang rumit telah dirangkum menjadi siklus imunitas kanker. Siklus ini digunakan sebagai kerangka berpikir untuk riset imunoterapi kanker di seluruh dunia. 

sumber: www.suara.com

1.      Pelepasan Antigen

Siklus dimulai dengan pelepasan antigen. Ini adalah proses ketika sel kanker mati lalu melepaskan antigen. Pada dasarnya, antigen adalah potongan protein kecil dari sel kanker yang telah mati.

2.   Antigen Presentation

Ini adalah tahap ketika antigen diambil oleh antigen presentation cell (sel dendritik), yang kemudian membawa antigen ke tempat pembuangan lokal di kelenjar getah bening.

3.   Produksi dan Aktivasi Sel T

Di tahap 3, sel dendritik memberikan potongan antigen pada sel T sehingga kemudian terproduksi dan teraktivasi. 

4.   Perjalanan Sel T

Setelah sel T diaktifkan di tahap 3, mereka masuk ke pembuluh darah dan mencari sel kanker. 

5.   Infiltrasi Sel T ke dalam Tumor

Ketika sel T tiba di lokasi tumor, tugas mereka adalah untuk masuk ke dalam lokasi tumor. Pada dasarnya, sel T harus menghancurkan dinding pertahanan tumor dan menembus masuk. 

6.   Pengenalan Kanker oleh Sel T

Di dalam tumor, terdapat sel-sel kanker yang akan dikenali oleh sel T yang telah masuk.

7.   Sel T Menghancurkan Sel Kanker

Di tahap ini, sel T menjadi aktif untuk melawan sel kanker dan mampu menghancurkannya.
     
sumber: www.roche.co.id
Sampai saat ini, penelitian mengatakan bahwa cara kerja imunoterapi jauh lebih efektif dan minim efek samping jika dibandingkan dengan kemoterapi. Misalnya saja dalam hal waktu harapan hidup. Jika dalam penelitian kemoterapi dapat meningkatkan harapan hidup kurang lebih 16,7 bulan, maka imunoterapi bisa mencapai 30 bulan. Saat ini, satu-satunya imunoterapi yang  ada di Indonesia adalah atezolizumab yang merupakan anti PD-L1 untuk pasien kanker paru bukan sel kecil dan kandung kemih stadium lanjut. Artinya, atezolizumab diberikan pada pasien kanker paru dan kandung kemih yang sudah mendapat kemoterapi.
Obat-obatan baru yang menargetkan masing-masing tahapan dalam siklus imunitas kanker masih terus dikembangkan. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa imunoterapi yang sukses di masa depan adalah kombinasi dari beberapa perawatan seperti radioterapi, kemoterapi dan obat-obatan yang semuanya disesuaikan dengan kondisi biologis pasien. Oleh sebab itu, penting bagi pasien kanker  untuk terus berkonsultasi dengan dokter terkait dengan pengobatan kanker yang efektif.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

How to Make Hoodie Look Good

Untuk kamu yang tomboy, atau penggemar streetwear, hoodie pasti menjadi salah satu item fashion favorit kamu yang nggak bisa ketinggalan. Berpakaian simple bukan berarti kamu nggak fashionable . Menggunakan pakaian yang membuat kamu nyaman dan menginspirasi orang lain untuk ikut membeli atau memilikinya juga salah satu ciri dari fashionista. Hoodie sangat nyaman digunakan di rumah, ke sekolah, di kamus, saat cuaca dingin, ataupun saat cuaca hangat, baik untuk fashion yang mudah hingga menunjang kecantikan penamilan kamu. Karna terdiri dari beberapa ukuran, bahan dan desain, hoodie bisa disesuaikan dengan gaya dan kebutuhan kamu. Ada beberaa tips untuk memakai hoodie kamu supaya tampak lebih keren, yuk intip di bawah ini:            Kalau di Indonesia, pakai hoodie dengan scraft jarang banget. Outfit seperti ini cocok banget buat kamu yang ingin pergi jalan-jalan. Simple but still cute. Kamu bisa menampilkan sisi angkuh kamu dalam balutan hoodie merah dan boot. Bennie

REVENGE NOTE, SWEET REVENGE

Web Drama ini bukan tontonan yang bikin kita bilang waww, tapi cukup untuk teman makan kamu karna ceritanya yang ringan dan ngegemesin. Dibintangi Kim Hyang Gi sebagai Ho Goo Hee,   Park salomon sebagai Ji Hoon hingga Cha Eun Woo anggota Boyband Astro, Revege Note punya cerita yang fresh dan nggak berlebihan. Karna hanya berdurasi 10-25 menit, webdrama ini nggak terlalu membebani jika kamu ingin menonton 23 episodenya sekaligus. Meski pemerannya buka aktris dan aktor papan atas karna mereka semua masih sangat muda, tapi bukan sama sekali nggak menarik perhatian. Revenge Note berkisah tentang seorang cewek SMA bernama   Ho Goo Hee yang memiliki banyak kesialan dalam hidupnya. Mulai dari cinta pertama yang mengkhianatinya, ibunya yang lebih menyayangi kakaknya kandungnya yang pintar dan tampan, kakaknya yang suka menjahilinya, hingga temannya yang berubah menjadi orang yang menyebalkan. Tidak ada yang berjalan lancar sampai ia mendapatkan sebuah catatan tangan atau diken

ASUS EXPERTBOOK B3 FLIP 4G LTE, PILIHAN LAPTOP PALING EXPERT UNTUK BISNIS DAN PENDIDIKAN

Pasti menyenangkan memiliki laptop yang serba bisa dan melengkapi kita dalam melaksanakan pekerjaan, baik dalam berbisnis, untuk pelajar, mahasiswa, guru hingga dosen. Untuk sebagian orang laptop biasa saja sudah cukup, akan tetapi memiliki banyak hal untuk dalam satu perangkat akan sangat membantu. Apalagi saat ini satu bidang pekerjaan tidak cukup dengan laptop yang hanya bisa melakukan 1 fungsi. Namun laptop yang ringkas dan fleksibel sangat cocok bagi para profesional yang membutuhkan teknologi dengan produktivitas dan mobilitas terbaik.  Laptop Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa jadi salah satu solusi. Sebagai laptop pertama yang memiliki jaringan koneksi 4G LTE, laptop ini juga memiliki kelebihan-kelebihan lain yang bisa menjadi solusi dalam kemudahan dan kenyamanan pada bidang pekerjaan anda. Yuk periksa alasan kenapa laptop ini cocok digunakan oleh para pelaku bisnis dan pendidikan: 1. Flexible sekaligus Melengkapi Penggunaannya yang compartible menjadi salah satu alasan men